Rabu, 05 Desember 2012

Softskill Pengantar Bisnis (Minggu 4 - 6)


PENGANTAR BISNIS


  KELAS           :           1EB21
                                                                                          
NAMA
NPM
AQLI AULIAWATI
21212022
FIKRIA ADDINA
22212950
INTAN RISMAR MASYITOH
23212754
PUTRI ARISTYA DEVI
25212756
RESTI JENITA
26212147






Tugas Minggu ke 4 dan 5

      Sebutkan dan Jelaskan Kiat Berwirausaha yang Berhasil !

Menjadi wirausaha sukses adalah salah satu alternatif dalam menjemput rezeki. Persentase pebisnis di Indonesia masih sedikit dibanding dengan negara Asean lainnya. Bekerja atau menjadi karyawan masih menjadi pilihan nomor satu. Salah satu penyebabnya ialah banyak yang mengatakan bahwa berwirausaha itu tidak mudah dan resiko yang tinggi.
Mengapa menjadi wirausaha sukses sepertinya Sulit ? Jika kita bekerja, pekerjaan kita sehari-hari akan fokus sesuai dengan jabatan kita. Sebagai contoh: jika kita berada di departemen pemasaran, maka pekerjaan Anda fokus pada pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran. Berbeda dengan bisnis, semua pekerjaan harus kita tangani mulai dari pengadaan produk, pemasaran, keuangan, dan sebagainya. Sehingga bisnis terlihat begitu sulit. Ini adalah anggapan keliru. Kunci menjadi wirausaha sukses ialah: tidak mengerjakan semuanya sendiri.

Langkah-langkah menjadi wirausaha sukses adalah seperti ini :
      Miliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis Anda.
Meski Anda harus mengerjakan sendiri, tetapi Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis Anda. Pertama pengetahuan tentang bagaimana menjalankan bisnis dan yang kedua pengetahuan tentang produk atau jasa yang akan Anda sediakan.
      Siapkan atau rancang sebuah sistem untuk menjalankan bisnis ini.
Untuk hal ini, menurut Robert T. Kiyosaki, yang membedakan pebisnis dengan pedagang adalah sistem. Jadi rancanglah sistem bagaimana menjalankan bisnis dengan benar dan bisnis bisa berjalan meski tanpa kehadiran Anda.
      Temukan orang untuk menjalankan sistem ini.
Jika sistem sudah Anda desain dengan baik, Anda akan tahu orang seperti apa, memiliki keterampilan apa, dan seberapa banyak agar sistem berjalan dengan baik.


      Pastikan agar sistem berjalan dengan baik.
Jika kita adalah pemilik bisnis, maka kita yang bertanggung jawab jalan atau tidaknya sebuah sistem. Kemampuan dalam memimpin orang-orang dalam bisnis akan berperan besar disini. Tidak perlu melakukan segalanya, yang penting adalah memiliki ide, merancang sistem, merekrut orang, dan kepemimpimpinan. Jika tidak bisa merancang sistem, kita tetap bisa membayar orang untuk merancang sistem dan kita pun bisa membayar orang untuk masalah perekrutan dan pengelolaan SDM.

      Berikan Masing - Masing 3 Contoh Usaha Franchising Local dan Asing Untuk Bidang Pendidikan, Kesehatan, Jasa, Makanan atau Minuman !

» Franchising Local

FRANCHISE DI BIDANG JASA

      Nama Franchise      : METROGPS                     
      Modal Minimal          : Rp 25.000.000
      Kategori Franchise  : Lainnya      
      Nama Perusahaan  : CV.BANGUN CITRA ABADI       
      Berdiri Sejak             : 2008
      Jumlah Gerai              : 3


      Nama Franchise      : Simply Fresh Laundry                
      Modal Minimal          : Rp 55.000.000
      Kategori Franchise  : Laundry & Jasa Kebersihan       
      Franchise Fee          : Rp.5.000.000
      Nama Perusahaan   : PT.SUSHANT CO.INDONESIA 
      Biaya Royalti             : 8 % dari omset
      Berdiri Sejak             : 2005
      Jumlah Gerai             : 525  


      Nama Franchise      : d'Mutia Spa & Salon Muslimah            
      Modal Minimal          : Rp 75.000.000
      Kategori Franchise  : Kesehatan & Kecantikan
      Nama Perusahaan  : PT.MUTIA BERKAH BERLIMPAH        
      Biaya Royalti                        : 5 % dari omset kotor
      Berdiri Sejak             : 2006
      Biaya Advertising     : sudah termasuk di dalamnya
      Jumlah Gerai                        : 21

FRANCHISE DI BIDANG KESEHATAN


      Nama Franchise      : Hip Hot - Women's Fitness                    
      Modal Minimal          : Rp 250.000.000
      Kategori Franchise  : Kesehatan & Kecantikan
      Franchise Fee          : 130 juta
      Biaya Royalti                        : 3%
      Berdiri Sejak             : 2006
      Jumlah Gerai                        : 2       

      Nama Franchise      : Meji Mejiku Nail Salon
      Kategori Franchise  : Kesehatan dan Kecantikan
      Nama Perusahaan  : PT. Pacific Macronic Industry
      Berdiri Sejak             : 1989
      Jumlah Gerai                        : 16
      Modal Minimal          : Rp. 200.000.000
      Franchise Fee          : Rp. 125.000.000
      Biaya Royalti             : -
      Biaya Advertising     : Rp. 1.000.000/bulan

      Nama Franchise      : Pure Beauty Care
      Kategori Franchise  : Kesehatan dan Kecantikan
      Nama Perusahaan  : PT. Pure Beauty Indonesia
      Berdiri Sejak             : 2008
      Jumlah Gerai             : 3
      Modal Minimal          : Rp. 600.000.000
      Franchise Fee          : Rp. 120.000.000/4 tahun
      Biaya Royalti             : 5%
      Biaya Advertising     : -


FRANCHISE DI BIDANG PENDIDIKAN


      Nama Franchise      : LP3I Course Center         
      Modal Minimal          :  Rp 750.000.000
      Kategori Franchise  : Jasa Pendidikan & Pelatihan
      Franchise Fee          : 150 - 175 Juta
      Nama Perusahaan  : LP3I GROUP         
      Biaya Royalti            : 7% tahun I & 9 % tahun II
      Berdiri Sejak            : 1989
      Jumlah Gerai            : 83     

      Nama Franchise      :  International Education Center (IEC)  
      Modal Minimal          :  Rp 49.000.000
      Kategori Franchise  : Jasa Pendidikan & Pelatihan
      Franchise Fee          :  Rp. 60.000.000
      Nama Perusahaan  : INTERNATIONAL EDUCATION CENTER (IEC)
      Berdiri Sejak             : 2000
      Jumlah Gerai             : 5



      Nama Franchise      : ILP (International Language Programs)                      
      Modal Minimal          : Rp 700.000.000
      Kategori Franchise  : Jasa Pendidikan & Pelatihan     
      Franchise Fee          : Rp. 230.000.000 / 10 tahun
      Nama Perusahaan  : PT Intisari Langkah Positif          
      Berdiri Sejak             : 1977
      Jumlah Gerai             : 35


FRANCHISE DI BIDANG MAKANAN/MINUMAN


      Nama Franchise      : Ayam & Bebek Kremes Kriuuuk           
      Modal Minimal          : Rp 97.000.000
      Kategori Franchise  : Makanan & Minuman      
      Nama Perusahaan  : CV.Tambah Tumbuh
      Berdiri Sejak             : 2003
      Jumlah Gerai             : 38

      Nama Franchise      : Super Bubble                   
      Modal Minimal          : Rp 6.450.000
      Kategori Franchise  : Makanan & Minuman      
      Nama Perusahaan  : Super Bubble
      Berdiri Sejak             : 2008
      Jumlah Gerai             : 105  

      Nama Franchise      : Batagor Jepang Takashi Mura              
      Modal Minimal          : Rp 10.000.000
      Kategori Franchise  : Makanan & Minuman      
      Franchise Fee          : sudah termasuk investasi awal
      Nama Perusahaan   : CV Dapur Inspirasi Indonesia    
      Biaya Royalti             : 3% dari omset
      Berdiri Sejak            : 2008
      Jumlah Gerai            : 30
           
» Franchising Asing

Bidang Pendidikan :
      Wall Street Institute. Wall Street (Hunggaria)
      ELC. Early Learning Center,Ltd (Inggris)
      KIDZART. Kid Art Texas LLC (Texas)

 Bidang Jasa :
      Crestcom. Crestcom International,LLC (AS)
Jasa pelatihan manajemen dan pengembangan karyawan
      Online Trading Academy ( California,AS)
      Young Chefs Academy. Young Chefs International (AS)

Bidang Makanan/Minuman :
      7-Eleven.7-Eleven Inc (Texas,AS)
      MOS Burger. MOS Burger Inc. (Jepang)
      Pizza Hut. Yum Asia Franchise Pte Ltd ( Singapura)

      Jelaskan Perbedaan Antara Kewirausahaan dan Bisnis Kecil !

Kewirausahaan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan berbisnis. Dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru ; mengumpulkan sumber daya  yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan.

Bisnis kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil, dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana diatur dalam undang-undang. Usaha kecil ini mencakup usaha kecil informal dan usaha kecil tradisional. Tidak mempunyi rencana untuk pertumbuhan-pertumbuhan yang hebat dan hanya mencari pendapatan yang aman dan nyaman.

      Buatlah 1 Contoh Denah / Lay Out missalnya : mall, rumah sakit. Setiap kelompok berbeda !




 Tugas Minggu ke-6

      Sebutkan Perbedaan Jenis Pasar dan Masing-masing Beri 3 Contoh !

Dalam Ilmu Ekonomi, pasar dapat didefinisikan dalam bentuk  Macro ataupun Micro. Menurut bentuknya, pasar dapat dibagi menjadi Pasar Abstrak dan Pasar Konkret. Pasar dapat juga dibagi kedalam dua jenis apabila dilihat dari barang yang dijual dan bagaimana harga mempengaruhi, yaitu Pasar Persaingan Sempurna (Perfectly competitive markets) dan Pasar Persaingan tidak Sempurna (Imperfectly competitive markets).

Pasar persaingan sempurna terdiri dari ; pasar oligopoli, pasar duopoly, pasar monopoli, pasar monopsoni, pasar duopsoni, pasar oligopsoni, dan pasar persaingan monopolistik. Contoh dari pasar persaingan sempurna adalah toko barang antik, dimana seseorang dapat menegosiasikan harga dengan harga yang mereka inginkan.
Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari ; Pasar monopoli, yaitu  jenis pasar persaingannya tidak sempurna dimana hanya terdapat satu orang penjual jumlah penjual dan pembeli tidaklah sama sehingga penjual dan pembeli dapat mempengaruhi pasar-pasar ini. Pasar oligopoli, yaitu pasar yang memiliki karakteristik beberapa penjual namun tidak terlalu banyak dalam pasar tersebut. Contoh pasar oligopoli adalah produsen sepeda motor di Indonesia hanya dikuasai oleh beberapa supplier saja seperti Honda, Yamaha.
Pasar oligopsoni hanya pasar yang memili beberapa pembeli. Pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar dimana banyak sekali terdapat jumlah penjual, persaingan antara penjual tergantung kepada harga dan gencarnya promosi dan iklan yang dilakukan oleh para penjual. Perbedaan harga yang mencolok juga akan sangat mempengaruhi jumlah demand dan supply barang-barang tersebut, hal ini membuat para penjual harus berpikir berkali-kali untuk menaikkan harga barang yang mereka jual. Contoh dari pasar persaingan monopolistik adalah pasar provider handphone pada masa kini.

      Buatlah Skema Bauran Pemasaran !

Bauran Pemasaran adalah kombinasi empat variabel aatu kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu produk, struktur harga, distribusi, dan promosi. Produk adalah suatu sifat yang kompleks yang dapat diraba maupun tidak,  termaksud warna, harga, pelayanan perusahaan, dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Distribusi merupakan masalah yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses. Menyangkut cara penyampaian produk ke tangan konsumen. Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya. Dari uraian di atas dapat dilihat pada bagan di bawah ini :


    
Skema Bauran Pemasaran




       Sebutkan dan Jelaskan Tujuan Sistem Pemasaran !

      Memaksimalkan konsumsi
      Kegiatan – kegiaatan pemasaran yang telah dijalankan dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimalbagi masyarakat.
      Memaksimalkan kepuasan konsumen
      Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Karena, belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap penggunaan suatu produk atau terhadap aktivitas pemasaran, kepuasan yang diperoleh terkadang diikuti kondisi yang kurang menyenangkan, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan, kepuasaan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu (barang bergengsi) sangat relatif, yaitu tergantung pada sedikit banyaknya orang lain yang mengkonsumsi barang.
      Memaksimalkan kualitas hidup, banyak barang / jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.
      Bertujuan dapat memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hiduup mereka, tetapi kompensasinya adalah peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua, pertambahan ragam produk tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan pilihannya.
      memaksimalkan mutu hidup termaksud kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik, mutu lingkungan kultur.
      Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkuungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya. Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa mutu hidup adalah tujuan yang bernilai bagi sistem pemasaran, meskipun tidak mudah mengukurnya karena setiap individu mempunyai penilaian berbeda terhadap suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar